Lahirnya Line, KakaoTalk, Wechat dan WhatsApp aplikasi IM populer untuk smartphone

Lahirnya Line, KakaoTalk, Wechat dan WhatsApp - Bagi sobat yang memakai smartphone, pasti tidak asing dengan beberapa aplikasi IM ini. Emang aplikasi apa sih? Line, KakaoTalk, WeChat dan WhatsApp adalah IM(Instant Messaging) yang populer di Indonesia sekarang ini.

Saya yakin di antara sekian sobat blogger pasti memakai salah satu diantara aplikasi IM tersebut, kenapa? karena aplikasi tersebut praktis tidak lupa juga dilenkapi fitur-fitur menarik di dalamnya, dan tentunya gratis.hehehe
Disini saya akan menceritakan kelahiran mereka satu persatu.

gayagadget.blogspot.com
Aplikasi IM


Oke, kita mulai saja dari LINE

Secara resmi Line diluncurkan pada tanggal 23 Juni 2011 oleh NHN cabang Jepangtepatnya setelah gempa bumi di Jepang. Untuk namanya, aplikasi Line terinspirasi dari antrean orang yang ingin menelepon di telepon umum setelah gempa bumi Jepang terjadi.
Pada saat itu NHN Jepang menyadari bahwa kerusakan komunikasi di Jepang sudah sangat parah. Pada saat itu mereka berfikir bagaimana caranya agar layanan data bisa berjalan lebih efisien. Dari dasar pemikiran tersebut akhirnya dibuat aplikasi yang dapat diakses melalui smartphone, tablet dan desktop.

gayagadget.blogspot.com
Aplikasi IM

WeChat

WeChat merupakan aplikasi yang di kembangkan oleh Tancent Holding yang merupakan salah satu perusahaan IT raksasa asal china. Proyek WeChat ini dimulai pada bulan Oktober 2010. Nama awalnya sebenarnya Weixin. Nama ini merupakan usulan dari Ma Huateng yang merupakan CEO Tancent. Namun pada 2011 nama tersebut di ganti menjadi WeChat. Hal ini dilakukan karena aplikasi ini akan disebarkan di luar negeri. Jumlah pengguna WeChat pada bulan Mei 2011 baru sebesar 5 juta orang. Namun pada bulan Maret 2012 pengguna WeChat menjadi 100 juta.
Hingga kini aplikasi ini tersedia dalam platform Android, iOS, Blackberry, Windows Phone dan Symbian.



KakaoTalk dan WhatsApp

KakaoTalk pernah cukup naik daun di Indonesia beberapa waktu lalu. Aplikasi ini sebenarnya mulai diluncurkan pada 18 maret 2010 oleh Kakao Corp yang merupakan prusahaan asal Korea Selatan.
Pensirinya sendiri bernama Beom Soo Kim yang ternyata merupakan mantan CEO NHN Corporation. Meskipun telah di rilis sejak 18 Maret 2010, KakaoTalk baru merambah pasar global pada Juli 2011 dengan mendirikan Kakao Corp cabang Jepang yang kemudian dikenal sebagai Kakao Japan. Seperti aplikasi Line, KakaoTalk menuai kesuksesan di Jepang terutama setelah gempa bumi Jepang. KakaoHome merupakan produk terbaru dari aplikasi IM ini.

Pengguna WhatSApp sekarang terus mengalami peningkatan. Aplikasi ini merupakan aplikasi besutan WhatsApp Inc yang didirikan oleh Brian Acton dan Jan Koum pada tahun 2009. Kedua orang tersebut ternyata merupakan mantan pekerja senior di Yahoo!. Ide awal WhatsApp muncul dari Jan Koum yang mempunyai ide untuk membuat suatu aplikasi yang biisa mem-broadcast status meski  orang tersebut dalam kondisi yang sulit untuk dihubungi. Saat itu ia mengajak Acton untuk menjalin kerjasama. Pada awalnya aplikasi ini hanya menarik sebagian kecil orang. Namun setelah menambahkan fitur messaging aplikasi ini menjadi semakin populer hingga sekarang (2015).


Sekian dulu artikel Lahirnya Line, KakaoTalk, Wechat dan WhatsApp aplikasi IM populer untuk smartphone, kalau sobat pembaca lebih suka aplikasi IM yang mana?

0 Response to "Lahirnya Line, KakaoTalk, Wechat dan WhatsApp aplikasi IM populer untuk smartphone"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel