Cara mudah Backup File Data Ketika Windows Tidak Mau Booting

Cara mudah Backup File Data Ketika Windows Tidak Mau Booting - Kalau tiba-tiba Windows tidak mau booting dan di dalamnya masih ada Data atau File penting pasti pertanyaan pertama sobat gini "gimana cara backup filenya?" sambil masang muka panik, hehe. Bagi yang baru pertama kali mengalami pasti memang pusing, bingung. Tapi tenang, karena saya juga sudah pernah mengalaminya, saya akan berbagi cara gimana Cara mudah Backup File Data Ketika Windows Tidak Mau Booting. Cara ini bisa di lakukan jika kita memiliki DVD installer Windows 7 atau 8, bisa juga USB intaller Windows. Cara ini tetap berlaku meski versi installer DVD/USB berbeda dengan versi OS yang terpasang.

gayagadget.blogspot.com
Backup File


Gimana caranya?

Booting dari USB/DVD WIndows Installer


1. Masukkan DVD installer Windows pada DVD drive, atau pasang USB installer pada port USB. Pastikan booting di atur pada DVD/USB terlebih dahulu. Jika semua sudah sesuai, sobat akan menemui tulisan "Press any key to boot from CD or DVD".
Tekan sembarang di keyboard untuk menjalankan installer.

gayagadget.blogspot.com
Press any key

2. Untuk proses ini sobat memakai intaller Windows 7 atau 8. Coba cari tulisan Repair your computer yang terletak di sisi bawah instalasi windows.


3. Jika sobat memakai installer Windows 8, pilih Troubleshoot > Advanced Option > Command Prompt.


4. Jika sobat memakai installer Windows 7, pilih Restore your computer using a system image you created earlier. Klik next, cancel dan cancel lagi.


5. Sekarang sobat bisa melihat Windows system option, untuk menjalankan command prompt, klik command prompt.


6. Kalau sobat sudah melihat jendela Command Prompt, ketik Note Pad dan tekan enter untuk menjalankan notepad. Setelah jendela notepad terbuka, pilih File, pilih Open.


7. Pastikan sobat memilih all Files pada bagian bawah jendela dan tekan pilihan computer option.

Kamu bisa menggunakan jendela Open Notepad seperti jika sobat sedang membuka Windows Explorer untuk melakukan perintah copy-paste-move-delete dan sebagainya.

Masukan media penyimpanan untuk melakukan backup data/File penting . Pindahkan File yang diperlukan. Dan proses backup tetap bisa dilakukan meski Windows tidak bisa booting.


8. Saat melakukan backup, jangan klik dobel seperti pada Windows Explorer yang seperti biasanya, karena hal tersebut bisa membuat jendela Notepad freeze atau nge-lag. Jika sudah terjadi freeze, sobar bisa mengetik taskmgr untuk menjalankan task manager, lalu hentikan proses Notepad yang nge-lag tadi dan jalnkan ulang Notepad.


Jika sobat sudah selesai meng-copy data dari hard-drive, tutuplah jendela-jendela yang terbuka tadi dan shut down komputer/laptop sobat.
Sekarang sobat tak perlu ragu untuk melakukan install ulang, karena semua data sudah ter backup.
Gimana, sobat bisa kan? sekarang nggak perlu pusing lagi buat mem backup kalau tiba-tiba Windows tidak bisa booting.

2 Responses to "Cara mudah Backup File Data Ketika Windows Tidak Mau Booting"

  1. mantaph gan sangat memebantu sekali, komputer temen ane rusak OS padahal lg urgent banyak file-file skripsi di C nya.
    sekali lagi thanks gan (toast) :D

    ReplyDelete
  2. just tq broo u save my data..tq very much

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel