Perbedaan dan Persaingan Prosesor Mediatek vs Qualcomm

Perbedaan dan Persaingan Prosesor Mediatek vs Qualcomm - Persaingan ketat prosesor tersebut semakin ketat untuk saat ini, bagaimana tidak? Sebagian besar smartphone dengan macam-macam merk menggunakan kedua prosesor di atas. Qualcomm adalah produsen chipset ternama yang berasal dari negeri paman sam Amerika Serikat. Sedangkan rivalnya sendiri bernama Mediatek yang biasa disingkat MTK adalah perusahaan chip semi konduktor asal asia yakni Taiwan.

gayagadget.blogspot.com
Prosesor

Mediatek


  • Kelebihan
Mediatek dikenal sebagai prosesor dengan harga terjangkau, banyak Smartphone kelas menengah yang menggunakan prosesor ini seperti Lenovo, Acer, Himax dan masih banyak lainnya. Meski dari harga lebih murah, kualitas Mediatek tak kalah bagus dari Qualcomm.
Prosesor ini mempunyai kinerja yang handal, terutama pada sisi kualitas visual. Apalagi pengolah grafisnya menggunakan GPU PowerVR yang membuat gambar tampak smooth juga jernih.
Alasan lainnya kenapa prosesor ini banyak dipilih vendor smartphone karena konektivitasnya. Dimana prosesor ini tidak membuatuhkan spesifikasi khusus pada perangkat pendukungnya yang malah akan memakan biaya tinggi.
Mediatek juga merilis chipset terbarunya dengan kode MT6795. Arsitektur prosesor 64 bit real octa-core yang memiliki speed mencapai 2.2 GHz. Menggunakan teknologi CorePilot yang mampu mengatur suhu agar tetap stabil, sehingga bisa meningkatkan peformanya. Selain itu, telah mendukung jaringan 4G LTE untuk akses internet cepat.


  • Kekurangan
Konsumsi daya prosesor ini terbilang boros. Karena, energi baterai dialihkan untuk memaksimalkan tampilan visual. Karena itu, jika sobat membeli ponsel yang memakai prosesor Mediatek, sebaiknya memilih ponsel dengan kapasitan baterai yang besar. Satu lagi kekurangan prosesor ini adalah agak susah untuk nge-lock GPS.

Qualcomm


  • Kelebihan
Qualcomm sendiri banyak digunakan ponsel kelas menengah keatas seperti Sony, Samsung, HTC dan lainnya. Dikenal memiliki kualitas yang mumpuni dan di dukung pengolah grafis GPU Andreno. Bahkan Qualcomm menganggap bahwa prosesor single core nya memiliki kecepatan clock 1.4 GHz yang lebih besar dari prosesor dual-core lainnya. Qualcomm sudah meluncurkan 4 generasi yakni Snapdragon S1, Snapdragon S2, Snapdragon S3 dan Snapdragon S4. Tentu setiap generasi mengalami peningkatan kinerja yang lebih baik dengan konsumsi daya yang semakin hemat. Memiliki peforma handal untuk multitasking, untuk memutar video, browsing, bermain game dan aktivitas lainnya. Khusus Snapdragon S3 dan S4 lebih banyak untuk bermain game yang membutuhkan daya besar. Prosesor Qualcomm terdiri dari Snapdragon 200, 400, 600 dan 800yang masing-masing memiliki keunggulannya masing-masing. Snapdragon 200 dirancang untuk smartphone pemula dan Snapdragon 400 dirancang untuk ponsel kelas menengah. Snapdragon 600 untuk ponsel premium. Dan yang terbaru prosesor dengan komputasi 64 bit, Snapdragon 800.


  • Kekurangan
Harga lebih mahal dari Mediatek


Intel atom yang dipakai Zenfone sebagai pendatang baru di sektor ponsel.

Atom adalah chipset dari Intel ini mulai mencuri perhatian karena harganya yang terjangkau. Dengan teknologi Hyper Threading chipset dual core intel bisa setara kemampuannya dengan quad-core.
Kelemahan dari chipset ini adalah panas yang berlebihan dan menyebabkan baterai menjadi boros.


1 Response to "Perbedaan dan Persaingan Prosesor Mediatek vs Qualcomm"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel