Cara Mengatasi Masalah Laptop Tidak Bisa Di Install Ulang

Cara Mengatasi Masalah Laptop Tidak Bisa Di Install Ulang - Dari kemarin saya tidak bisa berkeliaran di dunia maya. Karena Laptop yang saya pakai sehari-hari saya install ulang, maklum baru pertama kali install ulang Laptop,hehe. Karena dari dulu adanya PC/Komputer yang selalu menemani saya.

gayagadget.blogspot.com
Windows OS


Oke, karena ini pengalaman pribadi baiknya di beri kategori Tips atau Curhat ya? jadi bingung, hehe. Lupain dulu deh masalah kategori, tak ada salahnya juga kalau GayaGadget yang biasa menjadi tempat postingan Android atau Smartphone kini berbagi juga tentang Komputer, sama-sama belajar gitu lah ya.

Jadi gini, saat saya mau install windows, biasanya saya tinggal pencet next, next gitu dan selesai deh. Tapi kemarin ada yang janggal, saya menemui tulisan begini " Windows cannot be installed on this disk. The selected disk is of the GPT partition style", nah dalam hati saya bingung apa ini maksudnya?
Setelah telusur demi telusur dengan menggunakan hp, akhirnya ada jawaban dari mbah Google.

Ternyata begini solusinya, disimak ya:

Laptop yang termasuk keluaran terbaru mulai 2013 yang speknya udah corei5 atau keatas tidak bisa instal ulang sistem operasi lain.

Cara instal ulang Windows di GPT Partition Style:

1. Jangan terburu-buru untuk format disk C, hal yang wajib disini adalah backup semua data yang penting. Syarat utama menghapus GPT partition style  adalah clean seluruh isi hardisk. Jadi jangan lupa backup data ya.

2. Ubah boot mode UEFI menjadi CSM boot ( Masuk BIOS - Advanced - System Configuration - Boot mode )

3. Jalankan CD/Flashdisk instalasi Windows

4. Sampai di halaman instalasi windows, ketik Shift+F10 (akan muncul cmd administrator)

5. Ketik diskpart (memanggil aplikasi diskpart)

6. Ketik list disk (menampilkan seluruh list partisi hardisk)

7. Lihat partisi yang ada tanda *(bintang) pada kolom GPT

8. Ketik select disk nomor disk ( ganti nomor disk dengan nomor partisi yang ada tanda * pada kolom GPT)

9. Ketik clean

10. Kalu sudah, exit

Sobat bisa melihat gambar dibawah:

gayagadget.blogspot.com
cmd 

Kalau sobat sudah melakukan proses seperti diatas dengan benar, maka Laptop pasti sudah bisa diinstal seperti biasa. Demikian Cara Mengatasi Masalah Laptop Tidak Bisa Di Install Ulang.
Semoga bermanfaat.



7 Responses to "Cara Mengatasi Masalah Laptop Tidak Bisa Di Install Ulang"

  1. keren banget tips nya.. Sangat bermanfaat!!

    ReplyDelete
  2. Saat masuk bagian getting ready terus mati sendiri laptopnya. Pas dinyalain gk bisa masuk windows. Ini bgmna caranya ya agar normal???

    ReplyDelete
  3. Terimakasih Banyak,,, aku sempet keder, tp sudah terselesaikan

    ReplyDelete
  4. Kak mohon pencerahanyya sudah dengan cara di atas tapi lptop masih tidak mau instal kenapa ya?

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel