Perbedaan kecepatan dan apa itu kecepatan internet 3.1, 7.2, 14.7 Mpbs?

Perbedaan kecepatan dan apa itu kecepatan internet 3.1, 7.2, 14.7 Mpbs? - Apakah kamu sering bingung kenapa kecepatan internet kamu cuma sekitar 100-200 KB(kilobyte) per second(detik) padahal jelas tertulis di keterangan provider internet sobat sebesar 3.1 Mbps, harusnya koneksi internet kamu lebih cepat. Mungkin kamu menduga bahwa ada yang tidak beres dengan tempat, cuaca atau bahkan kamu menganggap komputer kamu rusak. Eits jangan asal menduga terlebih dahulu, mari saya jelaskan pengertian Mbps yang tidak dijelaskan secara gamblang dari pihak provider internet. Menarik sih, tapi kita sebagai pelanggan yang cerdas, kita wajib mengetahui hal ini.

gayagadget.blogspot.com

Apa itu pengertian dari Mbps?

Mbps adalah kepanjangan dari Mega Bits Per Second, yaitu satuan untuk mengukur kecepatan internet per detik dengan menggunakan satuan bits, ingat ya bits bukan byte.

Perbedaan Mbps dan MBps

MBps adalah kepanjangan dari Mega Byte Per Second, adalah satuan untuk mengukur kecepatan internet per detik dengan menggunakan satuan byte.
Yang paling jelas perbedaan MBps dan Mbps adalah besar kecilnya huruf "B", MBps dengan huruf "B" besar yang berarti kepanjangannya "Byte", sedangkan Mbps huruf "b" kecil berarti kepanjangan "bits". Perbedaaan satuan byte dan bits adalah pada ukurannya, ukuran satuan byte lebih besar dari ukuran satuan bits, 1 bits = 0.125 byte, sama saja dengan 1 bits di bagi 8 jika di rubah ke satuan byte.

Sebagai contoh:
  • 3.1 Mbps/310 kbps/3100 bps = 0.387 MBps/387 KBps. Jika satuan bits diubah ke satuan byte berarti di bagi 8, jadi kecepatan 3.1 Mbps sebenarnya hanya 387 KBps maksimal, karena di PC, gadget atau ponsel kecepatan  interetnya menggunakan satuan ukuran byte bukan bits, sedangkan operator provider internet kita menggunakan ukuran bits.
  • 7.2 Mbps = 0.9 MBps/ 900 KBps dengan cara hitungan 7.2 dibagi 8.
  • 14.7 Mbps = 1.83 MBps/ 1830 KBps dengan hitungan 14.7 dibagi 8.

Dari contoh dan penjelasan diatas apakah sudah cukup memberi gambaran bagaimana perbedaan MBps dengan Mbps? Oke jadi mulai sekarang kita sudah bisa memperkirakan berapa kecepatan yang sebenarnya di suguhkan oleh provider kita.

Sekian dulu dari saya tentang Perbedaan kecepatan dan apa itu kecepatan internet 3.1, 7.2, 14.7 Mpbs? semoga untuk kedepannya bisa bermanfaat bagi kita semua.

0 Response to "Perbedaan kecepatan dan apa itu kecepatan internet 3.1, 7.2, 14.7 Mpbs?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel